Follow Us @soratemplates

10/07/19

MOvie : Dari The Great Gatsby

Well, film ini sebenernya rilis di tahun 2012, nonton pertama kali di tahun 2016, dan ditonton keduakalinya 2019 gara - gara tetiba keinget lirik lagunya Lana Del Rey; Young and Beautiful.


https://www.trendhunter.com/trends/great-gatsby-posters



The Great Gatsby, adalah film yang diangkat dari salah satu novel yang terpopuler di abad 20an. Bersetting New york 1922, dimana revolusi Industri sedang naik - naiknya, banyak orang kaya baru, borjuis - borjuis baru yang tak lagi menjungjung nilai - nilai sosialnya. 

 Mengutip dari website theguardian.com, pesan utama dari pengarang yang ingin disampaikan melalui cerita ini adalah :
Is not that dreaming will lead to despair, but that chasing an unworthy dream will lead to tragedy.
Yes, indeed. Diceritakan disini Leonardo De Caprio yang berperan sebagai Jay Gatsby, tokoh utama yang tergila - gila pada wanitanya yaitu Daisy (Carey Mulligan) yang terpaksa ditinggalkannya untuk pergi berperang. Daisy berasal dari kalangan keluarga terpandang, sementara Gatsby hanyalah anak dari petani miskin yang menganggap dirinya anak Tuhan dan mempunyai mimpi besar dan percaya bahwa ia akan menjadi seseorang yang hebat. 

Kemudian Jay Gatsby yang kembali setelah lima tahun kepergiannya, berubah menjadi sosok milyader misterius di New York. Sayangnya ketika ia kembali, Daisy sudah menikah dengan pria lain Tom Buchanan (salah satu keluarga terkaya di New York). 

Sehari sebelum menikah dengan Tom, Daisy mendapat kiriman surat dari Jay, isinya diketahui diakhir cerita bahwa sebenarnya Jay meminta Daisy untuk menunggunya. Tapi Daisy adalah perempuan matre yang mengandalkan kecantikannnya dan tidak mau melewatkan kesempatan, akhirnya ia lebih memilih untuk melanjutkan pernikahannya dengan Tom. Dan dia sadar akan dirinya yang seperti itu. Nampak pada dialog yang diucapkannya ketika membicarakan tentang putrinya :
I hope she'll be a fool - that's the best thing a girl can be in this world, a beautiful little fool.
Daisy sebenarnya sedang membicarakan tentang dirinya sendiri yang kecewa dengan kehidupan pernikahannya dengan Tom yang tukang selingkuh. Well, tapi karena hidup nyaman dengan harta berlimpah dia tidak menyesal, makanya dia bilang -the best thing a girl can be in this world-

Sebaliknya, segala sesuatu yang dilakukan oleh Jay Gatsby yaitu kesuksesannya, istananya, letak rumahnya yang sengaja dibangun diseberang teluk rumah Daisy dan suaminya, bahkan Gatsby mengadakan pesta megah setiap bulannya dengan harapan Daisy akan datang (saat itu Daisy tidak tahu bahwa Jay sudah menjadi sukses)

Daisy, The Golden Girl  pada akhirnya bertemu dengan Gatsby atas bantuan Nick (sepupu Daisy yang tinggal disebelah rumah Gatsby). Daisy bernostalgia dengan Gatsby yang sudah 5 tahun tidak 
pernah bertemu. Daisy ingin kembali pada Gatsby terlebih saat itu Gatsby menjelaskan bahwa apa yang dia miliki saat itu semata - mata hanya untuk Daisy.

Pada suatu hari Daisy memutuskan untuk mengungkapkan hubungannya dengan Gatsby pada sebuah pertemuan makan siang dengan suaminya, yang juga dihadiri Gatsby.
Ini adalah adegan dengan alur dialog paling seru difilm ini, perang emosi dari dua laki - laki yang memperebutkan wanita yang bingung tidak dapat menentukan pilihannya (cewek cantik  mah bebaas , meski banyak matrenya dan gabisa apa - apa tetep aja dia the Queennya lelaki -_-")

Well, singkatnya. Setelah jamuan makan siang itu. Daisy yang sedang kacau pikirannya memilih untuk pulang disusul Gatsby. Mereka mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, kemudian menabrak  perempuan selingkuhan Tom. note-yang nabrak sebenernya si Daisy. 

Suami perempuan yang ditabrak itu mengira bahwa Gatsby adalah selingkuhan istrinya. Ia dendam pada Gatsby, lalu diam - diam menyelinap ke rumah Gatsby, menembak mati si Gatsby.
Media melimpahkan semua kesalahan dan citra buruk pada Gatsby yang telah mati. Mulai dari tabrak lari, selingkuhan perempuan yang ditabrak lari tersebut, sampai tuduhan mafia yang menjadi sumber kekayaannya.

Daisy?
Daisy yang ketakutan atas peristiwa tabrak lari tersebut sibuk mencuci tangan dibantu Tom.
Bahkan saking takut dan ingin segera kaburnya ia tidak datang ke pemakaman Gatsby.

Well, ironis memang. Kalau baca review saya nggak akan bisa tahu sensenya. Lebih bagus kalau nonton filmya atau baca novelnya langsung.

Akhir kata, sejalan dengan main message yang telah disebutkan :
Is not that dreaming will lead to despair, but that chasing an unworthy dream will lead to tragedy.

Bukan mimpi besar Gatsby yang menjatuhkan dirinya, melainkan mengejar mimpi yang  tak layak dikejar yang menjadikannya jatuh dalam tragedi.
Jadi sebel sendiri sama si Daisy pas nonton film ini~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar