Follow Us @soratemplates

18/02/22

Jalan - Jalan ke Ujung Kulon (Pulau Peucang)

Panta Pulau Peucang
Suasana Pantai Pulau Peucang


Halooo, Long time no write, jadi maaf kalau bahasanya jadi agak kaku ya, ehehe Mau cerita - cerita aja sih, kemarin sempat curi - curi moment buat jalan -jalan ke Ujung Kulon, karena ini pertama kalinya travelingnya di daerah Jawa Barat, jadi wajib dong dilaporin ke blog ini, :))

Sekitar bulan November lalu saya ditemani dua teman lainnya ikut open trip ke Pulau Peucang. Pulau ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ya, dimana masih menjadi salah satu pulau yang dilindungi UNESCO. Jadi jangan heran kalau pas sampai disana pulau ini tidak ada penduduknya (ada sih, palingan beberapa orang/petugas yang tugasnya menjaga merawat pulau tersebut). 

Biasanya kalau saya ikut open trip di tempat lainnya itu, yang jadi satu grup ya itu - itu aja. Tapi ternyata kalau di Ujung Kulon ini modelnya seperti gabungan dari beberapa vendor penyelenggara open trip (kecuali ikut yang private trip ya ) . Kalau ikut yang umum, sesampainya di pulau Peucang nanti kalian akan dijadikan satu dengan berbagai kelompok lainnya, kemudian baru deh dibagi lagi jadi tiga-empat kelompok besar. 

Tidurnya gimana kak ? kalau masalah tempat menginap jangan harap bisa tidur dengan beralaskan kasur empuk, private, kamar mandi dengan shower air hangat please -_-". Jadi, untuk tempat menginapnya akan digabung juga dong dengan stranger - stranger lainnya (jadi inget dulu moment - moment pas naik gunung dong :)), eits tapi tenang kamarnya tentu saja dipisah antara cewek  dengan cowok. Tapi ya tetep aja harus berdempet - dempetan dengan "stranger". Kalau mau upgrade kamar yang lebih private bisa aja sih, cuma harus jauh - jauh hari karena fasilitasnya juga terbatas sekali hanya ada beberapa paviliun/kamar dan pasti udah jadi rebutan. 

Yang perlu dinotice lagi di awal adalah ketersediaan air, Mandi! iya mandi. Saya antri mandi dari subuh supaya bisa kebagian air (akibat sempet tengkar sama ibu-ibu masalah aer di hari sebelumnya ,ahaha). 

Well, kalau itternarynya kemana aja ya ? 
Bicara mengenai ittenary, kalau kalian cek-cek di berbagai website wisata kurang lebih sama aja. Karena meskipun vendornya ada banyak, tapi nanti ujung - ujungnya disana akan jadi satu. 

Sebagai pelengkap tulisan, berikut ini kurang lebih ittinerary dari keseluruhan trip : 

Itinerary trip Pulau Peucang
Itinerary Perjalanan



Kalau mau cerita satu - satu di tiap itternarynya kayaknya nggak akan bisa cukup digambarkan lewat tulisan ehehe. 

Tapi kalau dirangkum, dari trip ini kita bisa : 
- Menikmati keindahan pantai yang berpasir putih dan Foto cantik dengan angin sepoi - sepoi yang mengibaskan dres dan rambut kita dengan seksama. 
- Melihat keanekaragaman terumbu karang, nemo dan teman - temannya yang bercengkerama di bawah laut. 
- Coneing menyusuri sunga Cigenter sambil melihat dan mendengar suara - suara jejengkrik hutan pedalaman. 

Dan satu hal lagi yang bisa saya sampaikan yaitu trip ini cocok buat temen - temen yang bosan dengan rutinitas perkotaan yang begitu - gitu aja. Bukan cuma wisata aja sih yang didapet tapi juga petualangan tipis - tipis bareng stranger yang lama -lama jadi kenal, mayanlah buat nambah temen. 

Tips dari saya mengenai perlengkapan yang dibawa 
  1. Saat berangkat, karena perjalanan berangkat dari Jakarta ke Pulau Peucang nggak hanya naik bus aja, tapi juga nantinya akan naik perahu subuh - subuh. Jadi saat berangkat usahakan pakai pakaian yang leluasa buat bergerak dan juga hangat. 
  2. Di hari ada jadwal snorkeling buat cewek - cewek usahakan bawa kain pantai atau outer yang bisa buat santai jalan -jalan. Karena dari setelah snorkeling itu akan langsung jalan - jalan ke pulau dan pantai terdekat a.k.a tidak balik ke penginapan dahulu (jadi masih pada basah - basahan gitu deh) 
  3. GA USAH Pake rok-rokan deh, demiAllah ribet, ehehe,, yaa kecuali pas lagi sesi foto di pantai boleh sih. 
  4. Bawa cemilan yang banyak, kenapa ? karena nggak ada yang jualan makanan disana. Ada sih coffee shop, yang jual kopi sachetan dengan harga cofee latte di mall- mall :) 
  5. Bawa apalagi ya ? Bawa pasangan boleh, ga bawa juga nggak papa :), bahkan yang dateng sendirian juga ada kemarin. 
Well itu aja dari saya, 
Bicara mengenai keindahan alamnya,,,, udah ga perlu di ceritain, udah pasti airnya jerniiih, asri, dan syahduu pas naik kapalnya. 


Berikut ini ada dokuemntasi pribadi yang bisa dispill : 




Foto pas mau naik kano di Sungai Cigenter : 

Persiapan Canoing

Persiapan Canoing



*Bonus foto saya :p 





Well, sekian, dan terimakasih. 
Nanti kalau nemu dokumentasi lainnya akan diupdate. 

Salam, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar