Follow Us @soratemplates

14/08/22

$0,10 Pertama dari Shutterstock :)

 

Dollar pertama dari Shutterstock

Pernah dengar situs Shutterstock ? Pernah dong, masak nggak pernah. 

Itu tuh, situs dimana kita bisa download gambar, foto, atau ilurstrasi dengan gratis atau kita bisa subscribe bila menginginkan unlimited download dan tanpa watermark. 

Usut punya usut, ternyata kita bisa juga lhoh jadi contributornya Shutterstock, dimana kita bisa upload karya - karya kita yang nantinya akan ditampilkan di website Shutterstock dan tentu saja bila ada yang download kita juga akan mendapatkan reward. 


Kebetulan saya ada cukup banyak sekali stock foto di kamera yang cuma nangkring selama bertahun - tahun di SD card. Alhasil isenglah di bulan Mei lalu iseng untuk daftar sebagai contributor Shutterstock melalui alamat login berikut ini :  Login Shutterstock


Kemudian saya submit beberapa foto dengan mengisi keterangan serta memasukkan keyword - keyword yang berkaitan dengan foto. Ternyata beberapa foto yang saya submit Approved! (senengnya saya, mengingat kata orang filter mereka susaaah sekali lolosnya,, hhe) 

Kalau ditelisik, Shutterstock memang memiliki standar kualitas yang susah ditembus. Foto blur sedikit, ada noise pasti akan langsung terdetect oleh mereka, dan akan direject. 

Standar foto yang diterima oleh Shutterstock : 

1) Foto harus fokus

2) Bisa foto menggunakan HP, tetapi ukuran foto minilal 4000 pixel :)

3) Jika terdapat merk, wajah seseorang, atau trademark harus submit model releases

4) Harus original 


Kalau tidak memenuhi persyaratan di atas maka kemungkinan besar akan direject, dengan alasan - alasan seperti di bawah ini : 

Missing Model Release: A model release is required for this submission but was not provided.

Visible Trademark: Content contains visible brand names or logos.

 Intellectual Property: Content contains subject matter that potentially infringes on intellectual property rights (e.g. artwork, writing, sheet music, isolated modern architecture, or other objects protected by copyright).

Missing Property Release: A property release is required for this submission but was not provided.

Noise / Artifacts: Content contains noise, film grain, compression artifacts, pixelation, and/or posterization that detracts from the main subject.



Tuhkan, bisa dilihat dari gambar diatas, foto yang menurut saya sudah patut untuk disubmit ternyata direject karena berbagai alasan yang saya sebutkan di atas. 

Saya sempat berhenti untuk submit dikarenakan banyaknya foto  yang direject :p, dan yaudahlah ya,, capek bener idup :p, ngambek deh. stop selama kurang lebih dua bulan. 


Sampai kemarin akhirnya ada notifikasi di hp saya dari aplikasi Shutterstock Contributor bahwa ada satu foto yang telah diupload  oleh sesorang dan saya mendapat $0,10 pertama saya di Shutterstock. 

Dapet seribuan aja senengnya banget,,, wkwk.. 


upload foto dibayar di Shutterstock



Bukan nominalnya sih, tapi kayak waaah ternyta foto jepretan saya worth it juga, ada yang mau download,, hehehe. Beda feelnya kayak dapat like di IG dimana motif like foto adalah karena alasan "personal" dan "sosial" needed :). Kalau disini ada yang download berarti karena memang fotonya bagus aja, nngak ada alesan lainnya.., deshou :) 


Anyway kalau mau lihat galeri saya bisa klik disini :) 

Well, sekian,, karena 0,1  dollar jadi mood buat jepret - jepret lagi pas nanti main 

Salam :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar