Follow Us @soratemplates

05/08/22

Hati - hati!, Pemerasan Melalui Email

Haloo, 

Kali ini saya mau cerita - cerita aja sih, perkara email yang masuk ke spam yang ketika dibuka isinya bikin ketar - ketir. 




Kenapa bisa gitu ? karena emailnya berisikan ancaman yang bilang bahwa email saya diretas, dan mengharuskan saya untuk mentransfer sejumlah uang ke alamat bitcoin tertentu milik si hacker. Sekilas ketika dibaca begitu meyakinkan, apalagi pakai Bahasa Inggris kan ya, dan si hacker ini juga menyertakan sandi email yang sebelumnya saya pakai. 


Jadi ceritanya, sebelumnya sandi saya ini memang sempat bocor dan ada pihak lain yang berusaha login ke alamat gmail saya sekitar Desember tahun lalu. 


Case pencurian password email ini ternyata juga pernah dialami oleh teman saya, dimana biasanya ada aplikasi abal - abal misal aplikasi SHOPBACK dimana dengan iming - iming cashback meminta kita untuk belanja melalui aplikasi tersebut. Kemudian setelah berhasil login lewat aplikasi tersebut, si hacker berhasil mencuri password emailnya.

Darimana kita bisa tahu bahwa password email kita bocor ? 

Berikut ini dua alamat website yang dapat memeriksa apakah password kita bocor atau tidak : 


https://www.avast.com/hackcheck/

https://haveibeenpwned.com/


Kemudian, di Desember tahu lalu, ketika ada hal yang janggal di Instagram dan gmail saya, 

sayapun juga mengecek melalui kedua alamat tersebut dan memang ada beberapa aplikasi yang membuat password email saya bocor. Karena alasan itu, saya ganti password di tahun lalu. 


Balik lagi ke email pemerasan tadi, 

Nah, setelah dibaca - baca lagi (karena yang dikirimin email adalah mba -mba yang kebiasaan menganalisis tulisan ;p )  langsung keliatan tuh ada beberapa yang ganjal yang keliatan tipu - tipunya, 

yaitu : 

  1. Password email yang dibuat ancaman adalah password email lama ;). Dimana sekarang kalau mau login ke alamat email saya sudah diautothentification ke nomor ponsel. 
  2. Di email tersebut dia bilang begini nih : While gathering information about you, I have discovered that you are a big fan of adult websites.You really love visiting porn websites and watching exciting videos, while enduring an enormous amount of pleasure. --> Secara yang diretas lagi kena krisis mental, dimana kalau dia beneran meretas, history yutub/ website saya selama 3 - 5 tahun belakangan 90 persen adalah tentang inner peace atau ceramah - ceramah dari ustadz - ustadz. (wkwk)
  3. Satu lagi, dia bilang beginiThis software provides me with access to all the controllers of your devices (e.g., your microphone, video camera and keyboard).I have downloaded all your information, data, photos, web browsing history to my servers. Well, dimana kalau beneran dia meretas, laptop yang saya pakai adalah laptop perusahaan dimana diawasi dengan ketat oleh IT perusahaan :)

Yap, begitulah ceritanyaa,,, 
Jadi untuk kalian - kalian yang pernah mendapat email seperti ini, dan diancam untuk segera transfer dalam waktu kurang dari 48 jam, maka jangan panik dulu ya.
Karena seperti yang saya pernah baca, email - email seperti ini ternyata juga banyak memakan korban yang udah takut dulua. 
Pun demikian, ketika saya coba capture email tersebut ke teman saya, malah dia yang lebih panik dari saya dan bilang kalau perlu ke kantor polisi (hwehehe) 

Meskipun nggak paham - paham amat masalah IT apalagi virus - virus macam Trojan yang disebutkan dalam email, saya nggak segitu begonya bisa dibohongin kok. 

Well, salam ! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar