Follow Us @soratemplates

05/09/22

Tips & Trik Memasak dengan Cepat dan sigap untuk Milenial

 


Halo mba - mba cantik di luar sana :). 

Kalau bicara mengenai wanita harus bisa memasak atau tidak adalah sesuatu yang sensitif  untuk zaman sekarang, apalagi kalau feminis garis keras udah mulai berkoar - koar masalah genderitas dalam pembagian peran. Well,,iya sih iya bener, jaman sekarang semuanya serba gampang, mau makan enak tinggal go food, atau kalau mau yang sehat bisa catering, yang custom diet pun juga udah banyak. 


Terlebih lagi tinggal di kota besar yang sehari - harinya padat aktivitas, perempuan dimana juga sibuk dalam karya dan karirnya. Masalah kebutuhan perut juga gampang, yang penting kenyang. Uang ada,, tinggal bayar. 


 yuk lah saya kasih tahu trip dan trik saya supa masak lebih gampang, efisien, nggak makan waktu, dan nggak capek 👌. 


  • Pastikan Bumbu dapur lengkap 

Pertama - tama perlu diingat bahwa kunci dari memasak itu adalah kelengkapan bumbu, karena racikan dari bumbu itulah yang mempengaruhi cita rasa dari masakan. Jadi misal ditengah - tengah memasak rasanya zonk, atau aneh, tinggal masukin aja bumbu - bumbu lainnya yang sekiranya masih nyambung dan bisa menambah rasa lebih kuat. tinggal di balancing aja. Maka dari itu jangan sampai kehabisan stock bumbu - bumbu. 

  • Siapkan 3 macam bumbu Dasar
Bumbu Dasar untuk masakan itu sebenarnya cuma ada tiga ; Bumbu putih, bumbu merah, bumbu kuning. 
>Bumbu putih ----terdiri dari Bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, minyak goreng
   cocok digunakan untuk --Aneka tumisan, capca, semur,perkedel, sayur sop,empal, nasi/mie goreng,
> Bumbu kuning ---- terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, minyak goreng, kunyit
   cocok digunakan untuk --- Soto, opor, pesmol, bumbu ungkep, nasi kuning, lodeh. 
> Bumbu merah --- terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, minyak goreng, Cabai Merah
   cocok digunakan untuk --- nasi goreng, sambal balado, pepes, seafood.

Nah! kalau udah punya simpenan stock diatas, dijamin masak itu cuma perlu waktu 15 menit jadi :). Eits, tapi jangan lupa biar lebih sedep tambahin juga bumbu - bumbu pelengkap seperti laos, sereh, daun salam , dll yang otentik - otentik khas cita rasanya Indonesia (#apasih_)

  • Stock bahan makanan/ groceries yang memadai  
Selain bumbu yang perlu distok, mba - mba cantik juga harus stock bahan makanan dong. Biasakan untuk planning menu masakan selama 1-2 minggu kedepan kira -kira seperti apa. Lalu bisa order pakai aplikasi belanja online sekarang sudah cukup tersedia dengan harga yang bersaing pula. Ada 3 macam yang biasanya saya pakai : 
1) Titipku ---> Ini adalah aplikasi belanja dimana sistemnya seperti titip belanja di pasar. Jadi nanti ada yang pergi ke pasar tradisional yang sudah dipilih, lalu kita tinggal menunggu pesanan kita datang. 
2) Sayur box ---> Kalau yang ini modelnya dia udah punya gudang sendiri di macam - macam daerah. Sayur disini lebih fresh dan lebih bervariasi untuk pilihan bahannya daripada titipku yang terbatas hanya di pasar tradisional.
3) Segari ---> Kemasan dan model pengiriman hampir sama seperti sayur box. Dikirim dalam bentuk paket box menggunakan kardus. Kalau sayur box harga sayur - sayurnya lebih murah dari pada segari. tetapi kalau mau beli lauk - pauk, telur, ikan berenang, segari lebih bersaing dari segi harganya. 

  • Save resep dari Instagram
Jaman sekarang nggak perlu lagi beli majalah atau uku - buku resep dalam bentuk hard copy. Kalau kalian sering buka IG, dan follow akun -akun memasak, disana banyak sekali resep yang tinggal cling nyalain oven dan jadi 😂. Percaya nggak percaya saya sering bikin ayam bakar yang cuma dimarinasi terus dimasukin oven 15 -20 menit jadi,,, hasil nemu resep di IG, 


Hmm,,, apalagi ya,, 
  • Susun rapi persedian bumbu, ransum dan bahan lainnya
Kalau lagi masak biasanya kita suka hectic, inget - inget resep dan bumbunya, belum lagi harus maintenance tingakat kematangan masakannya (hwehehe). Jadi, bisa kebayangkan kalau lupa naruh item A, atau B diamana, sementara kita butuhnya ya pas waktu itu juga,, nggak ada waktu buat nyari - nyari. 

Well, mungking itu saja dulu dari saya, 
kalau udah ada semuanya diatas dijamin mba -mba cantik sekalian, kalau masak nggak perlu repot lagi, nggak perlu capek, malah jadinya ketagihan masak ;p 

Bisa masak atau nggak itu cuma perkara jam terbang. Dulu saya mulai masak karena harus survival di Jepang ;p. Sekarang, kalau lagi bosan ditengah - tengah jam kerja obatnya ya apa lagi kalau nggak buka - buka kulkas, nyari bahan dan bikin makanan. nyam~nyam 


Sekian!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar