Follow Us @soratemplates

22/06/22

KitKat "Kitto Katsu"!

 

Kitkat


Hallooo~ 

Karena hari ini baru dapat coklat KitKat, saya jadi inget dulu pernah dikasih tahu kalau coklat pemberian Kitkat itu ada maknanya sendiri.  Mau tahu ? 

Jadi, kalau di Indonesia rajanya coklat itu Silverqueen kalau di Jepang itu tidak lain dan tidak bukan adalah Kitkat. Dan di Jepang itu biasanya lebih banyak variannya daripada di negara - negara lain, contohnya yang ada di gambar saya diatas, yang warna pink itu merupakan varian strawberry.  Kemudian ada juga varian rasa yang munculnmya berdasarkan musim yang lagi berjalan di Jepnag, misal varian sakura blossom yang dibungkus dengan packaging yang kawai dan juga warna yang soft bertabur bunga - bunga sakura. 

Bahkan menurut sumber yang saya baca disini, hingga saat ini sudah ada lebih dari 300 varian rasa Kitkat yang pernah di keluarkan di Jepang. Saking banyaknya sampai - sampai saya kira Kitkat itu produknya jepang :) (jelas-jelas punya Nestle padahal :D). 

Nah, terus si Kitkat ini juga laris manis sekali di Jepang. Tiap ada moment yang membutuhkan usaha  ekstra, misal lagi masa ujian atau lagi berjuang buat mencapai goal biasanya orang - orang Jepang akan ngasih semangat dengan cara ngasih coklat, dan coklatnya ini yaa Kitkat :). 

Kenapa Kitkat ?. Usut punya usut Kitkat, kalau diucapkan pakai pronouncationnya orang Jepang bunyinya jadi Kitto Katto yang mirip dengan Bahasa Jepang "Kitto Katsu" yang artinya kurang lebih Pasti Bisa/Pasti Menang/Pasti Berhasil, begitulaah. 

Kalau mau tahu arti dan tulisan detailnya seperti di bawah ini nih : 

きっと → Kitto → Pasti (absolutelly)
勝(かつ)→ Katsu → Menang/berhasil (Win)

Seperti itulah, 

Jadi karena secara tidak sengaja pengucapannya mirip dengan Bahasa Jepang Kitto Katsu, Kitkat ini malah jadi populer di Jepang dan secara tidak langsung dianggap sebagai jimat keberuntungan supaya hasil dari ujian atau perjuangannya mencapai goal/berhasil/sukses. 

Sehingga kalau ada orang yang ngasih Kitkat itu secara tidak langsung orang tersebut mendoakan kita supaya berhasil. 
Kalau di Indonesia biasanya ada orang yang lagi berjuang maka untuk memberi semangat dia bilang "good luck". Nah kalau di Jepang tidak hanya sekedar ucapan tapi juga dalam bentuk wujud barang yaitu coklat Kitkat. Wajarlah yaa,, mengingat orang - orang Jepang itu mereka hangat sekali prilaku, manner dan human relationshipnya ke orang lain. Kalau orang - orang Indonesia cenderung dingin dan cuek. (Mohon maaf bukan menjelekkan orang Indonesia, tapi memang begitu adanya,, hhe, Thats why saya senang dan nyaman sekali waktu hidup di Jepang) 

Nah begitulah inti ceritanya slogan Kitkat di Jepang, 
Berawal dari sebuah ketidaksengajaan nama produk yang sama dengan pronouncation orang Jepang.  Hal ini tentunya tidak disia-siakan sama pihak Nestlenya, justru malah dijadikan marketing dan slogan yang semakin di push popularitinya di Jepang. 

Yak demikaianlah, 
jadi jangan iri yaa, kalau di Indonesia varian Kitkatnya tidak sebanyak di Jepang. ;p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar