Follow Us @soratemplates

25/06/22

Obat Anti Galau


Sebagai mba- mba Cancer yang katanya sensitif, kalau sedih drama parah, melankolis, baperan dan cry baby~ :), masalah galau menggalau & overthinking itu udah jadi makanan saya dari jaman muda. Katanya kalau orang lain rasainnya sepuluh, si Cancer itu dalam hatinya rasanya dua kali lipatnya. Makanya lebaaay :0 kena bentak dikit aja ga bisa nahan air mata (kacau parah deh!). Malu kan jadi Cancer 😭.


 (dahlah,,, yuk serius bahas topiknya :)), 


Terlepas dari zodiaknya apa, sebagai manusia itu wajar dan sangat maklum sekali kalau mengalami namanya sedih, overthinking, galau, hampa, putus asa, capek. Kenapa ? Karena manusia itu punya hati, dan hati fitrahnya ya harus menanggung semua emosi - emosi negatif itu yang akhirnya jadi terasa sesak, deshou


Ada satu titik dimana saya benar - benar kacau (yang ini beneran kacau karena ngefeknya sampai nggak bisa tidur, nggak berani tidur, sekalinya tidur pasti akan bangun tengah malam karena mimpi buruk, sekalinya melek di siang hari pun bawaannya pengen nangis, awal mula kena asam lambung). Sampai - sampai kata temen, saya perlu diruqiah :). 


Tapi emang waktu itu rasanya kayak kena serangan mental dari segala sisi dimana lagi ngerjain skripsi,  mikir tabungan cukup nggak-nya buat sampai selesai kuliah eh  malah laptop hilang (a.ka ibu saya sakit jadi nggak mungkin ngrepotin lagi), nolak tawaran bantuan dosen buat S2 ke Jepang karena stroke ibu saya kambuh lagi (pengan banget tuh nge-iyain dosen, tapi juga khawatir ibu saya kenapa - napa), trauma dan takut ketemu orang lama yang masih suka kirim - kirim barang ke rumah dan kontak teman - teman saya  & disisi lain merasa bersalah sekali gara - gara bikin anak orang desperate nggak lulus - lulus kuliah. 

 Dan pula waktu itu saya jauuh sekali dari namanya Ibadah (kalau inget & diingetin doang ibadahnya :"), terima kasih ya yang udah mau ingetin).


Untungnya waktu itu saya juga nggak tinggal sendirian, karena tinggal satu semester saya memutuskan share room dengan teman saya (perempuan :)). Nah, dia ini anaknya juga struggle, pagi kuliah, siang kegiatan kampus, sore part time job. Jadi dia paling mampir ke kosan cuma buat sholat, mandi, dan tidur.  Pokoknya kalau liat dia seliwar seliwer pagi siang sore, saya jadi malu sendiri kalau kerjaannya cuma nangis/ bengong di kamar,, hehe. 

Hingga pada suatu maghrib, saya lagi kumat tuh, meringkuk di pojokan, pura - pura tidur padahal nangis, disisi lain temen saya ini baru datang dan langsung sholat magrib. Setelah sholat maghrib dia sempetin baca Al-Quran sekitar 10-15 menitan. Disitu, dipojokan kamar saya dengerin dia ngaji dan gatau gimana jelasinnnya hati saya juga jadi ikutan tenang. 


Besoknya, saya buka tuh Al-Qur'an yang nggak tahu kapan terakhir kali saya buka, setelah sholat maghrib saya baca Qur'an. Bacanya nggak dengan yang santai gitu dong, bacanya sambil nangis karena semakin saya baca semakin dalem pikiran saya pergi kemana - mana. Kalau boleh memfilosifikan versi saya sendiri, rasanya kayak lagi curhat ke Allah sambil flashback apa aja yang udah saya lakukin dan apa yang lagi menimpa saya saat itu. Dan Demi Allah saya nggak melebih-lebihkan, waktu itu jangankan baca Qur'an, sholat aja masih sering saya pertanyakan apa fungsinya -Astagfirullah.


Begitulah awal mula saya baca Qur'an, besoknya lagi saya baca lagi. Sambil baca ayat demi ayat pikiran saya kemana - mana lagi, jadi inget dosa saya banyaak sekali, sampai saya nangis lagi, mohon ampun. Dan seterusnya.., hingga beberapa waktu kemarin saya sempat ikut kelas ngaji, benerin bacaan. (anyway nilai agama saya BC sementara matkul lainnya diatas BC semua :), jadi saya merasa perlu memperbaiki bacaan saya). 

Begitulah, semenjak itu baca Qur'an selalu jadi obat penenang saya, tempat meluapkan emosi saya yang udah pekat (apasih-_-). 


Dan coba tebak apa yang terjadi setelahnya ?,

Semua masalah saya selesai ?Oooh tentu tidak :D, 

Tapi hati saya jadi tenang. Sedikit demi sedikit saya  seperti dituntun untuk memperbaiki ibadah saya. Dipertemukan dengan orang - orang  yang sama - sama  belajar memperbaiki diri. 


Kemudian kalau hati udah tenang, insyaAllah maka mata dan pikiran akan lebih jelas untuk memahami apasih dan gimana sih kita baiknya menjalani sisa hidup.  

(InsyaAllah yaa, doakan saya nggak belok - belok nih ) 


Demikianlah,

Semoga bermanfaat yaah~






Tidak ada komentar:

Posting Komentar